7 Tempat Wisata Indah Kalimantan Barat - Abcmagz.com

2/15/2016

7 Tempat Wisata Indah Kalimantan Barat

Kalimantan barat adalah sebuah provisi yang berada di pulau kalimantan dengan ibu kota pontianak, di sebelah utara berbatasan dengan negara malaysia dan kalimantan tengah di sebelah barat.

Provinsi ini memiliki banyak sungai kecil dan sungai besar yang digunakan sebagai jalur utama angkutan untuk masuk kepedalaman. Indonesia memang kaya akan berbagai macam suku dan kebudayaan, khususnya provinsi Kalimantan Barat ini.

Tak hanya populer dengan Sungai Kapuas, di kalbar juga banyak tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi untuk tujuan wisata liburan anda. Berikut daftar tempat 7 tempat wisata indah di kalimantan barat.

1. Pantai Singkawang

Pantai Singkawang
Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Dari pusat Kota Singkawang, Pantai Pasir Panjang berjarak sekitar 17 kilometer lagi. Pengunjung dapat menjangkaunya dengan menggunakan taksi, bus, atau minibus.

Di kawasan Pantai Pasir Panjang terdapat pusat informasi pariwisata, diskotik, persewaan speed boat, sepeda air, darmoling, gokart, shelter-shelter, pondok wisata, dan toko suvenir.

Disini pelancong bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berperahu, berselancar, dan beberapa olahraga pantai lainnya.

2. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk
Pantai Temajuk terletak di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang terletak sekitar 120 km dari Kota Sambas.
Jika kita berangkat dari kota sambas, maka perjalanan ke temajuk berawal dari desa Lorong yang berdekatan dengan polres sambas. Selusuri saja jalan utamanya lalu kita akan menemukan jembatan

Kartiase. Dari jembatan ini sampai ke penyeberangan pertama kondisi jalannya cukup parah. Untuk sampai ke Temajuk adalah dengan cara mengikuti jalan utama, jadi kemungkinan besar tidak akan tersesat

Pantai ini dinamakan pantai 16 (Sixteen) sebab terletak di RT 16 dusun Camar Bulan. Atau kami menyebutnya pantai nomor dua, karena merupakan destinasi wisata nomor dua di peta wisata temajuk.


3. Pulau Selimpai


Pulau Selimpai
Pantai Selimpai Paloh merupakan salah satu kawasan konservasi yang terdapat di Kalimantan Barat dengan nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing

Pulau ini berbatasan langsung dengan laut Natuna, dan menawarkan pantai pasir putih dan jajaran hutan pinus. Pulau ini juga menjadi tempat penyu bertelur dan terdapat bekas penangkaran penyu.

Pasir putih yang landai dan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Selimpai, Paloh.  Pasirnya yang bersih tak kalah dengan Pantai Kuta, Bali. Selain itu keberadaan hutan Pinus di lahan selimpai membuat suasana di pulau mini ini berbeda dengan pantai lainnya di Kabupaten Sambas.

4. Air Terjun Mananggar

Air Terjun Mananggar
Air terjun yang berupa patahan Sungai Landak ini berada di Hulu Sungai Landak. Tepatnya di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Jarak lokasi itu sekitar 290 kilometer dari timur laut Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Dibutuhkan waktu enam hingga tujuh jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar. Akan tetapi, perjalanan panjang dan melelahkan itu akan terbayar kala kita melihat keindahan buih air yang bertebaran di sekitar area, belum lagi suasana sejuk yang diberikan akan membuat lelah segera hilang. Air Terjun yang terletak 700 meter diatas permukaan laut ini memiliki ketinggian dan lebar sekitar 60 meter.

5. Danau Sentarum

Danau Sentarum
Terletak di jantung Borneo atau tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kawasan Danau Sentarum yang merupakan komplek danau-danau  yang terdiri dari  20 buah danau besar kecil,  sejak tahun 1999 ditetapkan sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan mempunyai luas 132.000 Hektar

Perjalanan ke kabupatan ini dapat ditempuh satu hari perjalanan jalur darat dari Pontianak, atau 45 menit melalui jalur udara.

Letaknya yang berada di tengah-tengah jajaran pegunungan menjadikan kawasan ini sebagai daerah tangkapan air. Pada musim penghujan danau-danau di kawasan Danau Sentarum ini akan tergenang, akibat aliran air yang berasal dari bukit-bukit di sekitarnya dan dari luapan Sungai Kapuas yang masuk ke kawasan.

6. Gunung Palung

Gunung Palung
Taman Nasional Gunung Palung merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka-ragaman hayati bernilai tinggi, dan berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

Taman nasional ini merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di Kalimantan. Sekitar 65 persen kawasan, masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar.

7. Rumah Radakng

Rumah Radakng
Rumah Radakng adalah sebutan untuk rumah panjang suku Dayak Kanayatn di Provinsi Kalimantan Barat. Rumah Radakng merupakan rumah adat terbesar di Indonesia saat ini dan menjadi landmark baru Kota Pontianak setelah Tugu Khatulistiwa, dengan panjang 138 meter dan tinggi 7 meter. Terletak di jalan Sutan Syahrir Kota Baru Pontianak.

Rumah adat ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan budaya yang positif. Pemerintah sudah mengakomodir kegiatan kebudayaan untuk mengenal lebih dekat setiap budaya yang ada. Apalagi, Radakng dibangun di kawasan kampung budaya.

Itulah 7 tempat wisata indah di kalimantan barat semoga bisa dapat menambah pengetahuan anda dan menjadi referensi destinasi libuean anda
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done