7 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Anda Kunjungi

Jawa tengah adalah provinsi yang berada di tengah pulau jawa, jawa tengah sering kali di jadikan tempat persinggahan dan tempat peristirahatan oleh orang yang melakukan perjalanan dari jawa barat menuju jawa timur atau sebaliknya.
Jawa tengah merupakan pusat dari kebudayaan yang ada di jawa, selain itu di jawa tengah juga terdapat beberapa suku daerah lain contohnya sunda yang berada di area perbatasan antara jawa tengah dengan jawa barat.
Selain menjadi pusat kebudayaan jawa, jawa tengah juga menyimpan tempat wisata indah yang harus anda kunjungi, berikut ini adalah 7 tempat wisata jawa tengah yang harus anda kunjungi.

1. Kepulauan Karimun Jawa

Kepulauan Karimun Jawa
Kepulauan karimun jawa adalah salah satu tempat wisata laut dan pantai yang terkenal di wilayah jawa tengah karena keindahannya.
Kepulauan karimun jawa mencakup dua wilayah kota yaitu kota jepara dan kota semarang, di sini terdapat sebanyak 27 pulau namun hanya 5 pulau yang dihuni.
Berikut ini adalah nama nama pulau yang paling banyak di minati oleh wisatawan di antaranya Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, Pulau Cilik dan Pulau Tengah.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi borobudur adalah candi yang di yakini sebagai candi peninggalan kerajaan mataram kuno sekaligus sebgai candi budha terbesar di dunia.
Objek wisata ini adalah tempat wisata yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan yang berwisata ke jawa tengah, di sini selain dapat menikmati keindahan dari candi borobudur anda juga dapat mempelajari sejarah dari candi ini.
Candi borobudur berlokasi sekitar 40 km dari kota jogjakarta, candi borobudur di bangun pada tahun 770 m dan merupakan candi yang memiliki relief budha paling lengkap di dunia.

3. Air Panas Guci

Air Panas Guci
Objek wisata ini berada di kaki gunung slamet dengan luas kawasan sekitar 270 hektar, air panas yang terdapat di sini di percaya dapat mengobati berbagai macam penyakit.
Untuk lebih tepatnya kawasan wisata ini berada sekitar 40 km dari kota tegal atau sekita 30 km dari ngawi yang dapat anda tempuh menggunakan kendaraan pribadi baik itu maobil ataupun motor.
Selain itu beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati di sini adalah perkemahan, penginapan, wisata hutan, lapangan tenis hingga lapangan bola.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid ini mulai di bangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006 dan di bangun di atas lahan seluas 1 hektar, bangunan dari mesjid agung merupakan perpaduan dari arsitektur islam, romawi dan jawa.
Masjid agung yang berlokasi di tengah kota semarang ini memiliki fasilitas yang menarik untuk anda kunjungi di antaranya Museum, alquran raksasa, studio radio, dan payung elektrik dan lain lain.

5. Pantai Kartini

Pantai Kartini
Kawasan wisata ini memiliki luas lahan sekitar 3 hektar, pantai ini juga sering di jadikan sebagai tempat persinggahan dan dan penghunung bagi orang yang ingin berwisata ke kepulauan karimun jawa.
Pantai kartini adalah pantai yang berloakasi di jepara, jawa tengah. Masyarakat sekitar pantai kartini menjadikan objek wisata ini sebagai objek wisata pemandian karena masyarakat sekitar mempercayai air dari pantai kartini dapat megobati berbagai macam penyakit.
Selain itu ada beberapa wahana yang dapat anda nikmati di pantai karitini yaitu wahana panggung hiburan, tempat bermain anak anak, kebun binatang dan banyak lagi.

6. Museum Kereta Api

Museum Kereta Api
Museum kereta api ambarawa berada di kota ambarawa atau sekitar 20 km dari kota semarang. Dulunya museum ini merupakan sebuah stasiun kereta api yang berjaya pada masa lalu sebelum beralih fungsi menjadi museum kereta api.
Museum Kereta Api Ambarawa mempunyai koleksi kereta api yang unik dan lengkap di antaranya 21 kereta uap, alat telegraf morse, telepon antik, perabotan antik, dan juga bel antik. Koleksi kebanggan milik Museum Kereta Api Ambarawa adalah kereta uap bergerigi yang hanya ada 3 di seluruh dunia.

7. Gedung Lawang Sewu

Gedung Lawang Sewu
Gedung lawang sewu berada tidak jauh dari tugu muda kota semarang, gedung ini di bangun pada tahun 1903 dan di resmikan pada tahun 1907.
Pada awal pembangunannya gedung ini di jadikan sebagai pusat pengelolaan kereta api oleh belanda, gedung lawang sewu merupakan bangunan yang memiliki pintu yang banyak. Namun saat ini gedung lawang sewu mendapat reputasi yang buruk dari masyrakat karena gedung ini di anggap seram dan angker.
Saat ini gedung ini sering di gunakan sebagai tempat pembuatan film horror dan juga sebagai pusat pameran di semarang.
Itulah 7 tempat wisata jawa tengah yang wajib anda kunjungi jika berwisata ke jawa tengah, semoga anda tertarik dan berguna sebagai referensi tempat wisata anda.

You May Also Like

About the Author: willyzondri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *