7 Tempat Wisata Nusa Tenggara Timur - Abcmagz.com

2/11/2016

7 Tempat Wisata Nusa Tenggara Timur

Nusa tenggara timur adalah provinsi yang berbatasan dengan timor leste di sebelah timur dan nusa tenggara barat di sebelah barat. Nusa tenggara timur atau yang lebih di kenal dengan NTT merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan merupakan daerah yang menjadi daya Tarik oleh wisatawan asing.

Bukan hanya itu nusa tenggara juga terkenal dengan hewan komodo yang saat ini telah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia (seven wonders).  Dan hingga saat ini pemerintah Indonesia berusaha dalam meningkatkan infrastruktur dan daya Tarik wisata dari nusa tenggara timur.

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau komodo adalah pulau yang terletak di kawasan nusa tenggara, pulau komodo merupakan sebuah pulau yang di jadikan sebagai taman nasional komodo. Saat ini komodo adalah hewan yang dilindungi karena populasi komodo yang sudah mendekati kepunahan.

Bukan hanya menjadi hewan yang di lindungi saat ini komodo juga termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia ( 7 wonders ). 

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam, pohon kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak (sterculia oblongata) ini di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong

2. Labuan Bajo

Labuan Bajo
Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan kecil  di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. 

Dari labuan Bajo anda dapat mengunjungi beberapa pulau yang menghadap ke pelabuhan ini seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Selain itu anda juga dapat mengunjungi Gua Batu Cermin di Labuan Bajo.

3. Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala
Air terjun oehala yang berada di desa Oehala ini memiliki suasana yang rindang sejuk, rindang dan masoh alami, tempat ini cocok bagi anda yang ingin melepas penat dan menikmati kesegaran alam yang masih asri.

Saat anda turun menuju lokasi  air terjun Oehala, anda akan mendengar gemuruh air terjun Oehala bertingkat tujuh. Airnya begitu deras dan jernih khas mata air pegunungan. Air terjunnya berbentuk tangga-tangga raksasa yang dibuat oleh alam. Tangga yang Begitu cantik dan ciamik dengan warna kehijau-hijauan.

Bagi yang menyukai foto, sebaiknya menunggu diatas jam 16.00. Saat itu waktu terbaik untuk mendapatkan panorama tanpa terganggu teriknya matahari yang menerobos dedaunan yang cukup rindang.

4. Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami
Air terjun ini adalah satu dari tiga air terjun di tengah hutan tropis Flores yang eksotis di kawasan Manggarai Barat.

Lokasi ait terjun ini berada di Desa Cunca Lolos yang merupakan pintu pendakian ke puncak Mbeliling, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Berada di dalam kawasan Hutan Mbeliling, air terjun ini juga berfungsi sebagai sumber air bagi daerah sekitar termasuk Labuan Bajo.

di air terjun cunca rami terdapat Kolam alami yang terbentuk di kaki air terjun ini, memiliki air jernih, bersih, bebas kaporit dan dingin. Berdirilah tepat di bawah aliran air terjun untuk merasakan sensasi pijat saat debit air yang deras menyentuh kepala Anda

5. Pink Beach

Pink Beach
Pink beach adalah salah satu pantai yang ada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pantai merah muda ini hanya dapat ditemukan di tujuh negara yaitu Indonesia, Bermuda, Filipina, Italia, Yunani, Bahamas, Karibia.

Di Pink Beach ini terdapat begitu banyak biota lautnya meliputi 1000 spesies ikan, 260 spesies terumbu karang, dan 70 spesies spong.

Dengan adanya biota laut yang begitu banyak, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat snorkeling maupun menyelam bagi para pecinta olah raga laut. Arus di pantai ini terkenal cukup kuat. Hal itu dikarenakan adanya pertemuan air laut tropis dari utara dan air laut dari selatan.

6. Gua Liang Bua

Gua Liang Bua
Terletak di Kabupaten Manggarai, Nusai Tenggara Timur 14 kilometer dari Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai.

Di sini pernah ditemukan fosil tengkorak manusia purba yang berukuran pendek yang disebut sebagai Homo floresiensis. Di Gua Liang Bua, pengunjung hanya bisa melihat gua besar dengan batu stalagmit.

7. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana
Pantai Lasiana ramai dikunjungi turis asing. Sesuai rencana pengembangan Pemkot Kupang, Pantai Lasiana akan dijadikan Taman Budaya Flobamora, yakni sebutan yang mengacu pada keseluruhan suku bangsa di dekat Pantai Lasiana, antara lain, Flores, Sumba, Timor dan Alor

Di pantai Lasiana ini banyak didapati lopo-lopo yang berderet. Lopo-lopo adalah sebutan lokal untuk pondok yang dibangun menyerupai payung dengan tiang dari batang pohon kelapa atau kayu dan beratapkan ijuk, pelepah kelapa atau lontar, dan alang-alang. Bisa juga beratapkan seng yang bagian luarnya dilapisi ijuk, pelepah kelapa atau lontar dan alang-alang.

Itulah 7 tempat wisata yang ada di nusa tenggara timur semoga artikel ini bermanfaat sebagai wawasan dan destinasi wisata anda

Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done