7 Tempat Wisata Di Provinsi Banten Yang Harus Kamu Kunjungi - Abcmagz.com

1/31/2016

7 Tempat Wisata Di Provinsi Banten Yang Harus Kamu Kunjungi

Banten adalah provinsi yang berada di bagian paling barat pulau jawa dengan ibukotanya yaitu kota serang, pada awalnya banten termasuk ke dalam bagian dari provinsi jawa barat namun karena adanya kebijakan dari pemerintah untuk pemekaran wilayah pada tahun 2000 banten resmi menjadi sebuah provinsi.

Di sebelah timur provinsi banten berbatasan dengan jakarta, di sebelah barat berbatasan dengan selat sunda, di bagian utara berbatasan dengan laut jawa, dan di sebelah selatan provinsi banten berbatasan dengan samudra hindia.

Provinsi banten memiliki potensi daya tarik wisata jadi tidak heran jika provinsi banten sering di kunjungi oleh masyarakat jakarta dan sekitarnya, berikut ini adalah ulasan 7 tempat wisata provinsi banten yang harus kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
Hampir semua masyarakat di indonesia tahu dengan taman ini, mulai dari anak anak sampai orang dewasa tahu dengan taman nasional ujung kulon.

Taman nasional ujung kulon sering kali di bahas dan di muat pada pelajaran sekolah terutama pada mata pelajaran bahasa indonesia dan ilmu pengetahuan alam (IPA).

Sesuai dengan namanya taman nasional ujung kulon berada di bagian paling ujung barat pulau jawa dan beberapa kawasan di luar pulau jawa fungsi utama dari taman ini adalah untuk penangkaran sekaligus perawatan habitat badak bercula satu agar tidak punah.

Selain itu di taman nasional ujung kulon anda dapat melakukan beberapa kegiatan lain seperti traking berkemah dan melihat alam liar.

2. Kampung Baduy

Taman Nasional Ujung Kulon
Kampung baduy adalah kampung yang di huni oleh suku baduy, suku baduy sendiri adalah suku yang masih kental dengan adat sundanya.

Kampung baduy sendiri terbagi atas 2 bagian yaitu kampung baduy luar dan kampung baduy dalam. Kampung baduy luar adalah kampung yang menerima kehidupan dari dunia luar atau bisa di katakan kampung yang menerima pergaulan dari luar, sedangkan kampung baduy dalam sebaliknya mereka tertutup dari dunia.

Kampung baduy berada di kawasan kabupateb lebak, banten yang di huni oleh sekitar 8000 jiwa.

3. Pulau Umang

Pulau Umang
Pulau umang berada sekitar 180 KM dari kota jakarta, pulau umang adalah pulau yang di khususkan sebagai tempat destinasi wisata yang memiliki luas kawasan sekitar 5 hektar. 

Kawasan wisata ini dikelola oleh sebuah perusahaan swasta yang menyediakan berbagai fasilitas rekreasi, dan hiburan yang menarik. 

Di pulau ini, terdapat resort yang ditata dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruang pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang, dan sebagainya. 

Selain itu, tersedia fasilitas olahraga, dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke, dan lain-lain.

4. Rawa Dano

Rawa Dano
Sesuai dengan namanya danau rawo adalah kawasan yang memiliki danau, hutan dan rawa-rawa. Danau rawo terletak di kabupaten serang atau sekitar 100 km jika anda berangkat dari jakarta atau sekitar 3 jam waktu tempuh dengan jalur darat.

Pulau ini menjadi tempat bersarang bagi aneka jenis binatang reptil, seperti ular, dan buaya. Tidak kurang dari 250 jenis burung bermukim di kawasan ini. Kita dapat mencapai lokasi ini melalui tiga jalur, yaitu; Jakarta-Cilegon-Anyer-Rawaadano, Jakarta-Serang-Padarincang-Rawadano, dan Jakarta-Serang-Anyer-Cinangka-Padarincang-Rawadano.

5. Gunung Krakatau

Rawa Dano
Gunung Krakatau yang sebenarnya termasuk wilayah Provinsi Lampung ini terletak di perairan Selat Sunda. Dan merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di dunia, karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. 

Suara letusan terdengar sampai ke kawasan Benua Australia, bahkan awan panasnya menyelimuti beberapa kawasan Eropa selama seminggu. Ledakan dahsyat Gunung Krakatau kemudian membentuk anak gunung yang kini dikenal sebagai Anak Krakatau yang muncul ke permukaan pada tahun 1928 yang hingga kini masih tetap aktif. 

Meski berada di Selat Sunda serta wilayah Lampung, kawasan wisata alam ini lebih mudah dicapai dari Pantai Anyer-Carita, dan izin mendarat di Pulau Gunung Api Anak Krakatau juga bisa diperoleh di kawasan ini, dibutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan perahu motor cepat untuk mencapainya. 

Lokasi wisata ini menawarkan wisata alam seperti misalnya berkemah, berjalan kaki, memancing, dan pemandangan alam laut yang indah.

6. Pulau Sangiang 

Pulau Sangiang
Pulau sangiang adalah tempat wisata yang tengah di kembangan oleh pihak swasta, pulau sangiang berada di dekat selat sunda, Banten. Jenis kawasan wisata ini adalah kawasan wisata bahari, wisata ilmiah, wisata budaya dan wisata alam.

Pulau sangiang memikili luas lahan sekitar 700 hektar dan untuk datang kesini dapat di tempuh menggunakan perahu dari pantai anyer denga waktu tempuh sekitar 45 menit. Beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan di pulau sangiang adalah bersepeda, mendaki gunung, berkemah, menyelam, memancing dan berjemur di pantai.

7. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Pantai karang bolong adalah pantai yang berada di dalam di sebuah karang yang bolong, di sekitar pantai banyak terdapat karang - karang yang selalu di hempas oleh ombak laut, karena banyaknya karang di sekitar pantai anda tidak di perbolehkan untuk berenang karena dapat membahayakan keselamatan diri anda.

Untuk lokasinya pantai karang bolong berada di 40 km dari kota serang, banten atau berada di dekat pantai anyer, dan untuk pergi ke sini bisa di tempuh menggunakan kendaraan pribadi mobil dan motor.

Itulah 7 Tempat Wisata Provinsi Banten Yang Harus Kamu Kunjungi semoga ini bisa menjadi referensi wisata anda bersama keluarga maupun teman dekat dan juga bisa menambah wawasan anda tentang kawasan wisata yang ada di banten.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done